Alfred Hermann Fried - Paling Ngetop
Headlines News :
Home » » Alfred Hermann Fried

Alfred Hermann Fried

Written By zainul achmad on Sabtu, 24 November 2012 | 20.57






Alfred Hermann Fried (11 November 1864 – 4 Mei 1921) adalah juru damai dan penulis asal Austria.
Fried lahir di Wina, Austria. Fried keluar dari sekolah saat berusia 11 dan mulai bekerja di toko buku. Fried selalu berminat pada buku dan tulisan. Pada 1887, ia pindah ke Berlin, Jerman dan membuka percetakan sendiri. Di Berlin-lah Fried menjadi juru damai yang tabah dan bersahabat dengan Bertha von Suttner. Mereka bersama-sama meluncurkan majalah, Die Waffen nieder! (Letakkan Senjatamu!), dari 1899 berjudul Die Friedenswarte (Penjaga Perdamaian). Fried menjadi tau untuk menyokong "pasifisme fundamental" sebagai solusi terakhir. Dalam penerbitan itulah Fried menurut sejumlah artikel yang menyerukan perdamaian dan keharmonisan di antara bangsa-bangsa.
Dalam perjuangannya untuk perdamaian di Jerman, ia mendirikan bersama Deutsche Friedensgesellschaft, gerakan perdamaian Jerman. Fried dianggap sebagai salah satu tokoh pertama yang mempromosikan gagasan organisasi perdamaian internasional (beberapa tahun kemudian inspirasi itu akan berkembang menjadi LBB). Fried juga anggota Biro Perdamaian Bern dan sekretaris Koalisi Internasional di Eropa Tengah. Setelah Konferensi Perdamaian den Haag pada 1899 Fried mulai secara penuh menyempurnakan kepentingan mencapai perdamaian melalui kooperasi ekonomi dan politik.
Fried juga anggota terkemuka dari gerakan Esperanto. Gerakan itu merumuskan gagasan menciptakan bahasa ke-2 yang bersifat universal, Esperanto, sehingga tiap orang di dunia akan berinteraksi dan menyebarkan apresiasi budaya lain secara meluas.
Pada 1911, Alfred Fried menerima Hadiah Nobel Perdamaian dengan Tobias Asser. Pada pecahnya PD I, Fried pindah ke Swiss (negeri yang netral selama PD II kelak) dalam memprotes kebijakan perang Jerman. Sepanjang perang ia bekerja terus menerus untuk mengakhiri konflik. Setelah perang, kembali ke Austria untuk melanjutkan menulis dan menyokong perdamaian internasional. Fried meninggal di Wina.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
    Cari idola anda dan berikan komentar pada orang yang anda idolakan. Terima kasih atas komentar dan kunjungan anda
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Paling Ngetop - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template